Dalang Wayang : Lakon Sang Dalang Pewayangan

0 29

Kata pepatah Jawa,

dalang ora kurang lakon

Artinya, dalam kondisi apa pun bisa menanggulangi, bisa mengambil dan menyelesaikan masalah dengan baik. Cerita akan terus berjalan, sebagaimana mestinya, nggak berhenti di tengah jalan. Walaupun ada yang mencoba menjegal! Seperti dalam cerita wayang, sesuai dengan pakem alur cerita akan terus mengalir. Gatot Kaca yang punya otot kawat tulang besi, sebagai jagoan yang tak terkalahkan. Dan si jagoan yang bisa terbang ini adalah seorang putra dari Bima, alias Werkudoro.

Jadi dalang nggak usah coba-coba menyelewengkan bahwa Gatotkaca itu putra Arjuna? Jangan dong, karena si jagoan panah ini juga punya putra sendiri bernama Abimanyu. Tapi bolehlah, jika dalang sudah bosan dengan cerita pakem, silakan saja mengambil cerita dalam kehidupan sehari-hari, silakan. Misalnya, kegaduhan politik di satu negeri? Atau sekadar cerita yang ringan-ringan saja. Yang lucu-lucu gitu? Agar bisa mengendurkan urat syaraf orang yang sedang gundah?

Nah, cerita bolehlah berlangsung sekarang. Betapa sibuknya tuh Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta, mengawali tugasnya. Beratkah? Ya, bisa dibilang begitu. Apalagi mereka harus memenuhi janji-janji yang disampaikan kepada warga. Banyak banget janji, yang barangkali belum tentu tuntas sampai akhir tugasnya. Mengambil pepatah tadi, pejabat boleh saja seperti dalang, harus punya lakon banyak dan menjalankan dalam pemerintahannya. Pandai mengambil lakon.

Source Pos poskotanews.com/2017/10/20/lakon-sang-dalang
Comments
Loading...