Dalang Wayang : Manteb, Menikah Lagi yang ke-8

0 362

Di rumah Manteb, Suwarti tak menyangka bahwa pada waktu itu dikenalkan dengan keluarga Ki Manteb. Sewaktu berada di Karangpandan Suwarti menyatakan bahwa Joglo yang berada di rumah Ki Manteb sedang dibongkar. Oleh karenanya situasi rumah masih berantakan. Selama berada di rumah Ki Manteb, Suwarti melihat keseharian Ki Manteb yang selalu menyiapkan segala sesuatunya sendiri, seperti mencuci pakaiannya sendiri, membuat teh dan kopi, dan lain sebagainya.

Melihat hal ini Suwarti sangat heran dan kasihan kenapa semuanya dikerjakan sendiri, padahal juga ada pembantu. Selama Suwarti tinggal di rumah Ki Manteb ternyata membuat Ki Manteb tertarik dan berkeinginan untuk memperisterinya. Hal ini disampai kan pada Suwarti dan ternyata Suwarti pun bersedia untuk dijadikan isteri. Satu bulan kemudian yaitu tanggal 9 Juni 2013 keduanya melangsungkan ijab siri. Diakui oleh Suwarti pada awalnya dia bersedia diperistri oleh Ki Manteb hanya karena merasa kasihan..

Namun lama-kelamaan akhirnya juga punya rasa cinta dan menyayangi Ki Manteb Soedharsono. Pada saat Suwarti dinikahi Ki Manteb secara siri, surat keterangan menjanda belum didapat. Namun hal itu tidak menjadi masalah bagi mereka, sehingga nikah siri inipun bisa berjalan dengan baik. Barulah satu tahun kemudian surat keterangan menjanda Suwarti keluar. Dengan demikian status Suwarti sebagai janda Sugino sudah sah secara hukum agama dan negara.

Source ia800206.us.archive.org ia800206.us.archive.org/1/items/KiMantebSoedharsonoLR/Ki%20Manteb%20Soedharsono_LR.pdf
Comments
Loading...