Dalang Wayang : Manteb, Nikah Pada Usia 18 Tahun

0 134

Pada usia 18 tahun anak pertama Ki Hardjo Brahim itu memasuki jenjang pernikahan. Pernikahan yang ia jalani itu bukanlah kemauan Manteb sendiri, tetapi atas kehendak orang tua. Dengan kata lain bahwa Manteb ketika itu belum mempunyai minat untuk berumah tangga. Oleh sebab itu tidak mustahil apabila di dalam perjalanan rumahtangganya sering dijumpai adanya rasa ketidakcocokan antara keduanya. Pernikahan yang belum genap berumur satu tahun itu terpaksa kandas ditengah jalan.

Ki Manteb yang sudah menyandang status sebagai suami terpaksa pulang ke rumah orangtua di Jatimalang. Perjalanan hidup berumah tangga yang berliku tidak hanya dijalani sekali saja. Ki Manteb secara beruntun mengalami kegagalan dalam membina rumah tangga hingga beberapa kali. Sampai pada masa tuanya sekarang ini dan mencapai usia 67 tahun, Ki Manteb Soedharsono telah menikah hingga delapan kali. Sebetulnya hal ini tidak dikehendaki oleh Ki Manteb.

Karena Manteb selalu ingat akan pesan orangtuanya bahwa kalau nanti berkeluarga tidak diperkenankan bertempattinggal di sebelah barat Sungai Bengawan Solo. Harus tetap berada di sebelah timur Sungai Bengawan Solo.

…kowe nek omah-omah aja neng kulon bengawan, kudu neng wetan kali bengawan. Soale cikal bakalmu kuwi ana neng wetan kali…

Oleh karena isteri-isteri Manteb dari yang pertama hingga yang ke empat kalinya tidak mau diajak pulang ke orangtuanya.

Source ia800206.us.archive.org ia800206.us.archive.org/1/items/KiMantebSoedharsonoLR/Ki%20Manteb%20Soedharsono_LR.pdf
Comments
Loading...