Dalang Wayang : Marsekal Madya (TNI) F Henry Bambang Sulistyo

0 232

Memimpin Tim Search and Rescue (SAR) tidak hanya soal kepiawaian dan jiwa saling menolong demi kemanusiaan. Disela-sela itu, sosok Marsekal Madya (TNI) F Henry Bambang Sulistyo juga, Kepala Badan SAR Nasional ini ternyata piawai mendalangKemampuan Dalang ini ditunjukkan dalam pagelaran wayang kulit di Lapangan Cepoko Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan. Henry Bambang Sulistyo telah siap dengan busana beskap Jawa ala seorang Dalang.

Yah, malam itu Henry menunjukkan kepiawaian menceritakan wayang kulit dengan tokoh Semar Amangon Karyo. Lakon yang diambilnya juga berbeda dari pakem wayang pada umumnya. Mantan penerbang pesawat tempur TNI AU Lanud Iswahjudi Magetan ini bercerita tentang keinginan Semar yang ingin menunjukkan baktinya kepada para Pandawa, yang sedang gencar-gencarnya membangun untuk kesejahteraan rakyatnya.

Sejak kecil saya sangat suka menonton wayang. Sampai sekarang bahkan peralatan wayang kulit saya miliki lengkap

Kata Marsdya Henry Bambang Sulistyo. Selain untuk nguri-nguri budaya Jawa, kedatangannya di Magetan, sebagai bentuk silaturrahmi dengan Pemda setempat. Apalagi ada banyak program Basarnas yang harus diselaraskan atau dikomunikasikan dengan pemerintah daerah. Pentas wayang kulit, dengan dalang Kepala Basarnas Marsekal Madya FH Bambang Soelistyo, 58, mendapat sambutan meriah dari warga setempat. Saat Bambang membawakan lakon Pandawa Kumpul, kepiawaian perwira tinggi bintang tiga itu dalam mendalang dengan iringan pengrawit dan pesinden baik.

Source pojokpitu.com pojokpitu.com/baca.php?idurut=36938&&top=1&&ktg=Jatim&&keyrbk=Sosok&&keyjdl=dalang
Comments
Loading...