Dalang Wayang : Marsono, Dalang Wayang Sada Yogya

0 159

Wayang Sada Marsono
Lokasi: Desa Wisata Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul
Narahubung: : Arif Sulistyo (085741973511)

Marsono, namanya memang tak kondang seperti Ki Manteb Soedharsono dan Ki Anom Suroto. Memasuki usia yang ke-69, Marsono tak lagi sanggup berdiri lama. Ia pun menjamu saya sembari duduk beralas tikar. Menjadi seorang pendalang. Cita-cita yang terdengar jarang di jaman sekarang. Apalagi jika diperhatikan, pementasan wayang sekarang semakin ditinggal pemirsanya, khususnya generasi muda. Tetapi tidak untuk Marsono, pelestari Wayang Sada yang tetap setia mewartakan cerita-cerita tokoh pewayangan dengan cara berbeda.

Lewat tangan Marsono, Wayang Sada bukan saja menjadi sebuah pertunjukan dalam puncak acara hajatan. Pun di usia yang telah memasuki senja, ia mencoba untuk mewarisi kekayaan nusantara pada generasi muda melalui sanggar wayang di kediamannya. Saban Sabtu, anak-anak dari panti asuhan Desa Gari, Kecamatan Wonosari datang untuk belajar membuat wayang, juga mendalang. Tanpa harus dibayar, Marsono mengaku sangat senang bisa berbagi.

Pilihannya meniti jalan hidup menjadi pendalang bermula dari cita-citanya sewaktu kecil. Wajahnya berkaca-kaca saat memulai cerita. “Waktu itu saya ingin sekolah dalang. Tapi karena orangtua saya tidak punya biaya karena hanya menjadi petani dengan dua belas anak, saya nggak sampai hati mau nembung”. Ketidakmampuan secara ekonomi tak membuat Marsono putus asa. Celah ini akhirnya memaksa Marsono mandiri.

Source IW insanwisata.com/wayang-sada-gunungkidul
Comments
Loading...