Dalang Wayang : Mas Wedono Cermo Taryono (Alm) Logandeng

0 130

Tugiyo demikian nama kecil seniman dalang kelahiran tahun 1902 di Koripan, Srandakan, Bantul Yogyakarta ini. Tugiyo dibesarkan di lingkungan seniman wayang. Arahnya Ki Cermo Gondo Taryono, adalah dalang terkenal pada masanya. Meskipun tidak pernah mengenyam bangku sekolah Pak Cermo tidak buta huruf, dan bisa menulis baik latin maupun Jawa. Maka Pak Cermo sudah mengenal dan belajar wayang sejak kecil. Biasanya dengan mengikuti kemana ayahnya pentas.

Awalnya memang mengikuti, memperhatikan ayahnya memainkan anak-anak wayangnya sampai kemudian muncul dorongan dirinya mencoba melakukannya. Oleh ayahnya, ia kemudian diberikan kesempatan untuk mucuki, yakni pentas sebelum pergelaran pokok dimulai. Dari mucuki ini Tugiyo memperoleh pengalaman yang cukup untuk bisa mementaskan wayang seutuhnya. Tapi pentas pertamanya karena kesalahpahaman. Suatu ketika ia berniat melihat uyon-uyon yang juga mengundang ayahnya untuk pentas.

Begitu sampai di tempat, ternyata saat itu ayahnya sedang ditunggu-tunggu si pemilik hajat karena ternyata siang itu bukan uyon-uyon melainkan pergelaran wayang oleh ayahnya. Terpaksa Tugiyo menggantikan kedudukan ayahnya. Di luar dugaan respon penonton ternyata cukup memuaskan. Banyak komentar muncul bahwa permainan wayangnya tidak jauh beda dengan ayahnya. Sejak itulah oleh ayahnya Tugiyo mulai diberikan kesempatan untuk pentas wayang seutuhnya. Kemampuannya dalam seni pedalangan membawanya ke keraton untuk menjadi abdi dalem  sebagaimana cita-citanya sebagai warga di Yogyakarta.

Source tasteofjogja.org tasteofjogja.org/contentdetil.php?kat=artk&id=MzUz&fle=Y29udGVudC5waHA=&lback=a2F0PWFydGsmYXJ0a2thdD0yNSZsYmFjaz0mcGFnZT0z&page=8
Comments
Loading...