Dalang Wayang : Memilih Wayang dibanding Hero

0 99

Memilih Wayang dibanding Superhero Modern

Wayang, bagi Eben adalah teman. Bahkan ia lebih memilih wayang dibandingkan tokoh-tokoh superhero karena murni atas kecintaannya pada kebudayaan dan keinginannya untuk melestarikan kebudayaan yang sudah hampir punah. Terdapat keprihatinan Eben mengenai lunturnya kesenian wayang di Indonesia akibat dari masuknya film-film modern yang memang cenderung untuk lebih digandrungi anak muda.

Kekhawatiran itu membuahkan kesadaran akan pentingnya sikap menjaga dan terus melestarikannya. Untuk mewujudkan kecintaannya itu Eben juga bergabung dalam sanggar Dalang Anak Ayodya dan Sanggar Seni Wira Budaya yang memang fokus pada pengembangan dan pendidikan kebudayaan wayang pada anak muda.

Saat ditemui setelah pentas di Dinas Kebudayaan DIY, Eben terlihat memakai sorjan (busana jawa) yang meskipun panas atau sumuknamun tetap disukainya karena baginya busana adalah bagian dari kebudayaan wayang yang tidak bisa dipisahkan. Begitu juga dengan alunan musik gamelan dan tembang-tembang jawa yang mendayu-dayu, semuanya bagaikan satu kesatuan.

Source Kompas kompasiana.com/elanpriananda11/5735862b6423bd7307b572f7/dalang-cilik-berprestasi-terinspirasi-tokoh-wayang-kapi-menda
Comments
Loading...