Dalang Wayang : Muhammad Irawan, SE (Dalang)

0 216

Muhammad Irawan, SE (Dalang Muda dari Jakarta) mampu mengakselerasikan elemen instrumental (musik), solah (tempo permainan), dan cepengan (memegang/menggerakkan wayang) yang mengesankan. Daya imajinasi dalang mampu mengeksplorasi lakon yang ditangkap penonton secara multi interpretatif. Keunggulan estetik ini kemudian semakin diperkuat dengan penampilan para aktor dan aktris handal dari dunia Pewayangan Indonesia, Agus Prasetyo S.Sn (WO Sriwedari), berperan sebagai Karno, Matheus Wasi Bantolo, S.Sn., M.Sn (ISI Surakarta) berperan sebagai Kresna, serta Dra. Eny Sulistyowati S.Pd, MM (Seniman Tari Jakarta) berperan sebagai Kunti.

Ini kolaborasi yang solid. Diplomasi Indonesia mempromosikan Wayang secara mandiri. Multi track diplomacy. Tidak dilakukan Negara (Pemerintah), tapi dari para penggiat wayang dari lembaga non-Pemerintah (NGO). Penampilannya bagus. Mengantar kebudayaan Indonesia semakin mendunia kata Jeff Cottaz, Pengamat Budaya Indonesia, berkebangsaan Perancis.

Source tribunnews.com tribunnews.com/tribunners/2018/06/12/catatan-dari-7th-general-assembly-unesco-wayang-dikagumi-tetapi-terpinggirkan-di-negeri-sendiri
Comments
Loading...