Dalang Wayang : Nanang Hendri Priyanto, Dalang Urban

0 153

Nanang Henri Priyanto ini menggagas Wayang Urban untuk mendekatkan wayang dengan kaum muda di perkotaan. Hasilnya, sebuah pertunjukan wayang yang enak dinikmati oleh semua kalangan. Sebagai dalang wayang kulit, selama ini Nanang bergaul dengan teman dari beragam latar belakang, tidak hanya dari kalangan tradisi. Ia sering bertemu teman-teman muda yang ingin mengetahui soal cerita wayang dan segala tradisinya, tapi terkendala karena mereka tidak mengerti dengan bahasa pedalangan.

Selain itu, mereka yang terutama tinggal di kota besar juga terkendala ritme pertunjukan yang menurutnya lamban. Hal yang dapat dimaklumi bila mereka punya pandangan seperti itu, karena teman-teman dari kalangan muda ini memang tidak pernah diajari bagaimana mengapresiasi seni tradisi. Misalnya saja, sejak kecil mereka tidak pernah menonton wayang. Dengan demikian, mereka pun jadi berjarak dengan media ungkap wayang, artistik, dan simbol-simbolnya.

Nanang berpandangan, perlu ada yang menjembatani tradisi dengan kondisi kota besar. Ia pun mulai menciptakan seni pertunjukan wayang yang menyasar kaum muda. Nanang yakin, di kota-kota besar, masih banyak kalangan muda yang ingin mengetahui soal wayang, namun terkendala dengan bahasanya. Oleh karena itu perlu ada cara alternatif untuk mengemas wayang agar dapat dinikmati kalangan muda ini.

Source bestyoungindonesia.blogspot.com bestyoungindonesia.blogspot.com/2014/02/nanang-hape-dalang-wayang-urban-untuk.html
Comments
Loading...