Dalang Wayang : Nyi Hardjo Brahim, Menyuruh Cantrik

0 150

Itu pernah terjadi Nyi Hardjo Brahim menyuruh cantrik menyusul Ke ST Beton untuk melihat apakah Manteb masuk sekolah atau tidak. Ketika tahu Manteb membolos sekolah, ibunya marah, dan saat tiba di rumah ibunya bertambah marah. Keadaan ini berbeda dengan pendapat ayahnya, sewaktu Ki Hardjo Brahim akan mengambil rapot kenaikan kelas ditanya oleh salah seorang guru Manteb. Pada waktu itu Manteb duduk di kelas I dan akan naik ke kelas 2. Pada waktu itu terjadi percakapan antara guru dengan Ki Hardjo Brahim:

Kenapa Manteb sering tidur saat berlangsung pelajaran di kelas?

tanya Guru Manteb. Ki Hardjo Brahim menjawab,

Lha gimana to pak, yang dapat membantu saya mencari nafkah ya Manteb itu. Lha kalau Manteb sulit di nasehati, keluarkan saja dari sekolah pak

Mendengar jawaban dari Ki Hardjo Brahim ini, tentu tak ada guru yang tega mengeluarkan murid hanya karena mengantuk. Apalagi murid tersebut mengantuk karena harus membantu mencari nafkah bagi keluarganya. Di sekolah ini mata pelajaran yang paling disukai Manteb adalah ilmu pasti meliputi Aljabar, dan Ilmu Ukur, sehingga selalu mendapat nilai baik. Selain itu ia juga menyukai pelajaran kesenian, dan bahasa Inggris. Untuk mata pelajaran kesenian di sekolah ini, Manteblah yang paling baik. Ia selalu membimbing teman-temannya dalam hal pelajaran nembang.

Source ia600206.us.archive.org ia600206.us.archive.org/1/items/KiMantebSoedharsonoLR/Ki%20Manteb%20Soedharsono_LR.pdf
Comments
Loading...