Dalang Wayang : Nyi Kenik Asmorowati, Dalang Perempuan

0 284

Memiliki profesi yang banyak didominasi oleh kaum laki-laki, tak membuat perempuan yang dikenal dengan nama Nyi Kenik Asmorowati ini ciut nyali. Justru hal tersebut menjadi inspirasi baginya, bahwa perempuan juga mampu menjalani profesi yang banyak digeluti oleh pria. Profesi yang ditekuninya saat ini bersama dengan kelompok keseniannya adalah menjadi seorang dalang. Berkat menekuni profesi ini, wanita berusia 35 tahun berhasil menjadi salah satu dari 58 wanita inspirasi pada gelaran acara penghargaan Tupperware She Can Awards 2015. Menurut Nyi Kenik Asmorowati, wayang kulit merupakan kesenian yang sudah tidak asing lagi. Kesenian ini diperkenalkan kali pertama oleh ayahnya yang juga berprofesi sebagai dalang.

Ayah saya yang memperkenalkan pertama kali, tapi pada waktu itu saya tidak langsung tertarik, saya mulai tertarik dan memutuskan untuk menekuni kesenian ini setelah saya lulus SMP pada 1996 silam

ujar wanita ini ketika ditemui di Jakarta, baru-baru ini. Selepas SMP ayahnya menyarankan Kenik untuk masuk sekolah kesenian, namun dirinya menolak karena ia khawatir akan mengalami kejenuhan. Oleh sebab itu dengan restu ayahnya, ia memutuskan untuk memilih sekolah lanjutan yang tidak ada hubungannya dengan dunia seni, yakni sekolah kejuruan pariwisata dan perhotelan di SMK Kasatrian, Solo-Jawa Tengah. Pada masa sekolah di SMK dirinya mulai mengikuti pementasan dalang dengan durasi mulai dari satu jam.

Source jitunews.com jitunews.com/read/26600/nyi-kenik-asmorowati-dedikasikan-hidup-untuk-wayang
Comments
Loading...