Dalang Wayang : Pada Umumnya Dalang Suka Nikah?

0 118

Memang sampai hari ini masih ada sementara orang yang beranggapan bahwa pada umumnya dalang suka nikah. Walaupun anggapan itu tidak seluruhnya benar, namun pada kenyataannya ratarata seorang dalang nikahn lebih dari satu kali. Bukan menjadi rahasia lagi bahwa dalang yang amat dekat dengan para pesindennya itu dengan mudah menjalin hubungan asmara dengannya. Meskipun hubungan asmara tersebut bisa jadi kandas di tengah jalan. Pernikahan pertama dengan Samirah yang ketika itu berusia 20 tahun, berarti dua tahun lebih tua dari usia Manteb.

Samirah merupakan putri tunggal atau putri satu-satunya seorang Lurah Sraya, Kebakkramat, Karanganyar. Sebagai dalang muda yang masih dalam keadaan berbulan madu, namun Manteb tidak akan menolak apabila memperoleh tanggapan mendalang. Bila suatu saat Manteb pergi mendalang, sang istri tidak pernah mengikutinya. Biarpun pasangan suami-istri itu pada awal perkawinannya bukan atas kehendak berdua, akan tetapi Manteb tetap merupakan suami yang bertanggung jawab.

Hal ini dibuktikan dengan diberikannya semua hasil mendalang itu kepada sang isteri. Sebagai anak tunggal yang dimanjakan oleh kedua orangtuanya, nampaknya Samirah belum bisa menyelami dunia seni suaminya. Bahkan kadangkala seringkali berkata yang intinya merendahkan profesi Manteb sang suami. Oleh karena itu Manteb sering tersinggung dengan ucapan-ucapan isteri. Terkadang berkata bahwa penghasilan dalang hanya di waktu musim kemarau,  penghujan tidak.

Source ia800206.us.archive.org ia800206.us.archive.org/1/items/KiMantebSoedharsonoLR/Ki%20Manteb%20Soedharsono_LR.pdf
Comments
Loading...