Dalang Wayang : Prof Dr Fajar Sudjarwo, Dalang Wayang

0 100

Prof Dr. Fajar Sudjarwo atau Mas Jarwo panggilan akrabnya, untuk hanya sekedar ngobrol ringan maupun untuk ngobrol yang serius. Beruntung redaksi rumahsuluh.org pada minggu ini dapat menjumpai Mas Jarwo dan meminta waktu sebentar disela kesibukannya menghadiri pertemuan Perkumpulan Keluarga Demokrasi dan HAM. Pria penggiat sosial yang sudah melewati separuh baya ini nampak tak banyak berubah dari segi penampilan khasnya. Berbicara blak-blakan, berpakaian hitam (kaos oblong) dan bersepeda motor kemanapun dia suka pergi.

Walaupun begitu, nyatanya Mas Jarwo kini tidak muda lagi. Seorang cucu yang dilahirkan oleh anaknya kini menjadi pusat kebahagiaan keluarga. Sore itu Mas Jarwo mengudaroso membagi wawasan tentang pentingnya menyelamatkan pengetahuan lokal akan ruang hidup warga desa. Menurut pengamatan lelaki ini, orang desa makin kehilangan “jatidiri” atau kesadaran berada dalam ruangan hidupnya.

orang desa berada dalam ancaman yang nyata, antara kesadaran hidup dan ruangan ber-ada sudah tidak cocok lagi

kata Mas Jarwo.

Ini disebabkan oleh proses industrialisasi – modernisasi masuk desa dalam jangka panjang. Juga disebabkan oleh kapitalisasi yang masuk jauh ke dalam kehidupan desa sehingga pengetahuan warga tercerabut dari akarnya (ruangan). Sementara itu peran pemerintah dan katakanlah LSM juga tidak mampu berbuat banyak. Bahkan, bisa menjadi bagian dari permasalahan yang dihadapi warga desa

tambah Mas Jarwo di UGM.

Source rumahsuluh.or.id rumahsuluh.or.id/fajar-sudjarwo-pengetahuan-lokal-dan-ruang-hidup-desa
Comments
Loading...