Dalang Wayang : Purjadi, Ketua Pedalang Cirebon

0 33

Purjadi memang merupakan seorang pedalang. Bahkan sampai saat ini, Purjadi juga menjabat sebagai Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Cirebon. Purjadi mengaku, keinginan untuk serius mendalang benar-benar lahir dari keinginan Devan sendiri. Purjadi hanya sekedar memperkenalkan anaknya dengan kesenian Adiluhung tersebut. Sisanya, gairah sang anak sendiri yang bermain. Dalam lingkungannya, Devan mengaku hampir tidak ada di antara teman-temannya yang menyukai wayang.

Adalah keinginan untuk mengikuti jejak sang Ayah yang membuat Devan berkeinginan menjadi Dalang dan menjadikannya sebagai cita-cita. Dari karakter Wayang sendiri, Devan menyukai Kangsa. Baginya Kangsa merupakan sosok yang perkasa namun di balik keperkasaannya tersimpan hati yang sangat baik. Purjadi sendiri memang memperkenalkan Wayang kepada seluruh anak-anaknya. Nilai-nilai yang terkandung dalam Wayang menurutnya sangat baik untuk dijadikan bekal pendidikan anak.

Ia mengaku prihatin terhadap perkembangan jaman sekarang di mana anak-anak lebih menyukai berbagai karakter kartun dari luar sementara Wayang kian terlantar. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun banyak yang dianggapnya sudah tidak tertarik lagi dengan Wayang.

Meski masih ada, pertunjukan Wayang di Cirebon sekarang sudah bergeser daya tariknya. Kebanyakan penonton datang cuma mau lihat Sinden atau ikut rame-rame saja

ujarnya. Menurutnya hal itu terjadi karena tidak ada lagi cerita – cerita soal Wayang di sekolah – sekolah. Perkembangan dunia sekolah saat ini yang punah.

Source Festival Dalang dalangbocah.com/devanata-cirebon-punya-gaya
Comments
Loading...