Dalang Wayang : Rosiansah Dharma Pratama, Dalang

0 284

Lahir di Gunung Kidul, 16 juli  1998, beralamat di  Sudimoro Rt.02/01 Kelor Karangmojo Gunungkidul, DIY. Saat ini siswa kelas  VIII di SMPN II Karang Mojo Gunungkidul  Yogyakarta. Ini adalah kali pertama Rosiansah Dharma Pratama menjejakkan kaki di ibukota, dan kedatangannya khusus untuk mengikuti Festival Dalang Bocah 2012 yang diselenggarakan dipelataran halaman Museum Bank Indonesia, 5-7 Juli. Dengan jujur, Rosiansah mengatakan jika situasi tersebut membuatnya sedikit grogi.

Ia merasa tidak pede atau kurang percaya diri. Ditambah lagi, Rosiansah benar-benar baru tiba di Jakarta, persis di pagi yang sama saat ia harus menyajikan pagelarannya. Itu karena beberapa pengrawit dan penggedang yang mengiringinya harus tampil dalam beberapa pentas di kotanya.

Lumayan capek sebenarnya, tapi ya begitulah keadaannya. Semoga saja penampilan saya tidak mengecewakan

Ujar Rosiansah dengan tutur lembut. Syukurlah, Rosiansah yang mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta berhasil membawakan lakon Lahirnya Sekuntrem dengan sempurna. Sempat mendapat applause karena tehnik sabetannya, Rosiansah yang kini duduk di kelas VIII SMPN II Karang Mojo, Gunung Kidul, mengatakan jika pertama kali ia mengenal wayang justeru dari televisi. Dulu, katanya, sewaktu ia masih TK, ia senang menanti siaran wayang yang ditampilkan di beberapa televisi yang ada. Untuk itu, Rosiansah bahkan rela lek-lekan (melek begadang) sekedar menanti jadwal tayang wayang yang biasanya memang disiarkan malam.

Source dalangbocah.com dalangbocah.com/rosiansah-dharma-pratama-belajar-wayang-dari-layar-kaca
Comments
Loading...