Dalang Wayang : Sentanu Wijaya, Dalang Bocah Betawi

0 56

Jaka Pinulung, Bambang Kumara Mencari Bapa. Lakon dari Sentanu Wijaya, Penyaji dari wilayah DKI Jakarta.

Perjalanan Jaka Pinulung dalam mencari sang ayah, Arjuna, mendapat tantangan. Hal tersebut terjadi lantaran kekhawatiran jika keberadaan Jaka Pinulung akan mengganggu Arjuna yang sedang menunaikan tugas sebagai ksatria. Namun demikian, Jaka Pinulung tetap pada tekadnya. Ia justeru ingin menemui sang ayah lantaran berharap dapat meneladani sikapnya; menjadi pahlawan yang sanggup membela negara

Lakon Jaka Pinulung, Bambang Kumala Mencari Bapa yang dibawakan Sentanu Wijaya mengawali Festival Dalang Bocah 2015. Lakon yang dibawakan dengan gagrak Betawi tersebut sudah barang tentu menarik lantaran tidak semua orang mengetahui jika Betawi pun ternyata memiliki wayang. Lakon wayang Betawi pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan wayang lainnya dan tetap menginduk pada lakon Mahabarata. Namun pada unsur musik, bahasa dan penyajiannya lah yang membuat wayang Betawi menjadi unik. Padu padan budaya Betawi, Sunda dan Jawa membawa nuansa tersendiri dan justeru membuat ia menjadi kaya.

Tanu sendiri memainkan wayang Betawi dengan bahasa Indonesia berlogat campuran Betawi dan Sunda. Kebetulan Tanu sekeluarga tinggal di wilayah Tambun yang secara geografis memang berada di wilayah Jawa Barat dan mendapat akar dari wayang Cirebon. Satu hal yang menarik adalah ini merupakan kali pertama Tanu menjadi dalang. Wow banget!.

Source dalangbocah.com dalangbocah.com/sentanu-wijaya-betawi-punya-wayang
Comments
Loading...