Dalang Wayang : Sigit Sukasman, Sang Dalang Sejati

0 229

Sigit Sukasman (73), bukan dalang yang memegang wayang dan menggerak-gerakkan wayang. Tapi ialah dalang sejati karena cintanya pada wayang. Tiap hari ia menggambar wayang, membuat wayang, dengan tujuan agar tampilan wayang lebih hidup, agar pentas wayang menarik. Cintanya pada dalang bisa jadi melebihi dalang mana pun. Hidupnya didekasikan untuk mengkreasi bentuk wayang. Sukasman yakin, itu tak mengurangi makna filosofis wayang.

Sebaliknya, wayang akan semakin dicintai. Namun langkah Sukasman terhenti. Sang Maha Kuasa memanggilnya di RS Panti Rapih Yogyakarta. Jenazahnya dimakamkan di Pemakaman Krapyak Bantul. Ia dirawat sejak Selasa lalu, karena mengalami komplikasi gangguan jantung dan paru-paru. Namun, jam-jam menjelang ajal menjemput, Sukasman masih saja memikirkan pekerjaan seninya.

Dengan nafas tersengal-sengal pun, ia masih saja bertanya ke saya, bagaimana patungnya, bagaimana wayangnya. Bagaimana isi bukunya, ada yang kurang tidak

Kata Yoyok Hadiwahyono, sahabatnya yang sering menemani keseharian Sukasman. Buku yang dimaksud itu adalah buku tentang kehidupan Sukasman dan dunia yang digelutinya, yang mengantarnya menyandang predikat sebagai maestro wayang ukur satu-satunya di negeri ini. Wayang kreasinya, yang disebut sebagai wayang ukur, banyak dipakai para dalang kondang Tanah Air. Banyak juga karyanya yang dipajang oleh instansi dan kampus, hingga dipamerkan di luar negeri. Sukasman juga seorang sutradara pentas wayang, yang menyusun tata pencahayaan pertunjukan.

Source wayang.wordpress.com wayang.wordpress.com/2010/08/30/sigit-sukasman-sang-pecinta-wayang/#more-4551
Comments
Loading...