Dalang Wayang : Supangkat, Maestro Dalang Jatim

0 142

Usianya sudah 82 tahun, namun Supangkat masih aktif berkarya sebagai dalang. Pada 26 September lalu, dalang kondang asal Kabupaten Pasuruan itu diganjar penghargaan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Kepalanya memakai blangkon dan kacamata terus melekat. Tutur gaya bicaranya masih sama seperti yang dahulu. Selalu bersemangat. Apalagi jika ditanya tentang seni dan budaya. Gayanya kian bersemangat saat Jawa Pos Radar Bromo menanyakan soal raihan penghargaan yang baru saja diraihnya pada 26 September lalu.

Saat Supangkat diundang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menerima penghargaan. Saat itu, ada 51 seniman yang diundang Kemendikbud RI. Salah satu penerimanya terdapat nama Supangkat. Dalang kondang asal Dusun Kemisik, Desa Sumbergedang, Kecamatan Pandaan. Di penghargaan itu, Supangkat diganjar penghargaan kategori maestro seni tradisi. Sebuah penghargaan yang diberikan atas dedikasi dan pengabdiannya sebagai dalang wayang Jawa Timur.

Khusus kategori ini ada lima orang, salah satunya adalah saya sebagai penerima penghargaannya

cetus Supangkat, ditemui media ini di rumahnya, Minggu (30/9). Selain piagam penghargaan, dirinya juga mendapat peniti emas. Serta, uang pembinaan langsung dari Mendikbud. Penghargaan ini ia dapatkan tak asal tunjuk saja. Tapi, melalui proses. Salah satunya survei dan penilaian langsung tim dari Kemendikbud. Sebelumnya, ada tim dari Kemendikbud yang datang dan menemuinya. Supangkat diwawancarai di rumahnya pada 24 Juli lalu. Menerima penghargaan.

Source Kompas kompas.id/baca/utama/2018/09/27/pelestarian-kebudayaan-sebagai-penguatan-karakter-bangsa
Comments
Loading...