Dalang Wayang : Surono, Main Panggung Wayang Orang

0 54

Seniman Ketoprak ini lahir di Yogyakarta, 17 Agustus 1931 dengan nama Dwijo Surono. Ayahnya, Ki Brojo Permono adalah prajurit keraton yang kemudian dipindahkan di karawitan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX karena kepiawaiannya dalam karawitan dan seni pedalangan. Sebelum terjun di panggung ketoprak, Surono sebenarnya sudah lebih dulu bermain di panggung wayang orang. Tapi ia juga tertarik pada ketoprak. Maka ia pun mempelajari dan menekuninya.

Mula-mula bergabung dengan Tri Warna. Bersama grup ini, Surono pernah merebut juara 2 festival ketoprak yang diselenggarakan pertama kali oleh RRI Nusantara II tahun 1955. Sejalan dengan kematangannya dalam seni ketoprak, akhirnya ia masuk menjadi karyawan RRI Nusantara II dan bergabung dengan grup Ketoprak RRI. Grup ini Secara rutin mengisi siaran ketoprak Mataram. Lewat siaran ini, Surono semakin dikenal masyarakat luas. Bahkan oleh masyarakat pula, Surono disejajarkannya dengan Cokrojiyo, pemain ketoprak kenamaan pada masa itu.

Kebetulan dirinya memang mirip Cokrojiyo. Surono tidak saja mengandalkan latihan semata, tapi ia juga rajin membaca buku-buku sejarah, sastra dan lainnya. Sebagai pemain ketoprak Surono memiliki banyak kenangan, seperti saat pentas di TIM Jakarta membawa misi daerahnya, tahun 1971-1972. Ternyata ia meraih sukses besar. Ia bangga karena dalam spanduk-spanduk kegiatan terpampang wajah dirinya. Pada kesempatanlain, pernah Menteri Penerangan Budihardjo memberi ucapan selamat kepadanya karena telah pentas.

Source tasteofjogja.org tasteofjogja.org/contentdetil.php?kat=artk&id=MzM2&fle=Y29udGVudC5waHA=&lback=a2F0PWFydGsmYXJ0a2thdD0yNSZsYmFjaz0mcGFnZT0z&page=9]
Comments
Loading...