Dalang Wayang : Tjetjep Supriyadi R. H., Lahir 1931

0 277

Tjetjep Supriyadi R. H. (1931 – ), Nama Aslinya Adalah Tjetje, sedang Suprijadi adalah nama yang ditambahkannya sendiri di belakang nama aslinya karena kekagumannya dengan pahlawan PETA, Suprijadi. Sebenarnya dia masih keturunan darah biru, keturunan Menak dari Trah ……, Nenek moyangnya adalah bangsawan yang tidak mau bekerjasama dengan pemerintah Hindia Belanda. Akibatnya ditanggung oleh keturunannya. Keluarganya dikucilkan dan beberapa hak sosial dan intelelektualnya terpasung.

Salah satunya tidak boleh mengenyam pendidikan. Dari tekadnya yang kuat maka sejarah keturunan dan kebangsawanan itu disembunyikan untuk bisa mengenyam pendidikan. Ketertarikannya akan wayang bisa dibilang agak terlambat, waktu dia sudah sebagai seorang guru. Termotivasi dari rendahnya mutu pendramaan dan sastra pedalangan wayang golek yang tidak berkembang Ki Tjetjep Suprijadi menggali sastra Jawa Kuna untuk meningkatkan mutu sastra bahasa terutama untuk antawecana dan kawih.

Dia adalah seorang dalang yang memegang teguh pakem dan paugeran pedalangan yang baku. Pak Tjejep Suprijadi dikenal sebagai dalang Wayang Golek Purwa Sunda yang sangat populer di Jawa Barat dan DKI Jakarta pada dekade 1970-an sampai 1980-an. Selain sering mendalang di berbagai kota di Jawa Barat, Tjetjep Supriyadi juga mendalang untuk rekaman kaset, dan hasil penjualannya cukup baik. Dialah salah seorang dalang yang sangat selektif dalam menerima siswa. Walaupun banyak juga yang mengaku sebagai siswanya berguru.

Source wayang.wordpress.com wayang.wordpress.com/2010/03/06/ki-r-h-tjetjep-supriyadi/#more-1138
Comments
Loading...