Dalang Wayang : Trio Bayu Aji, Dalang Wayang Thengul

0 180

Trio Bayu Aji adalah generasi baru dalang wayang thengul. Siswa SMKN 12 Surabaya Jurusan Pedalangan yang segera lulus inilah satu-satunya dalang wayang thengul yang masih belia dari 11 (sebelas) dalang dewasa lainnya. Anak kandung dalang Ki Darno Asmoro ini bakal semakin piawai  mendalang lantaran segera melanjutkan studinya di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, juga jurusan pedalangan. Remaja kelahiran 3 Maret 2000 ini sudah mantap bercita-cita menjadi dalang wayang thengul, meski kakak lelaki satu-satunya saat ini menjadi anggota kepolisian. Memang sejak Taman Kanak-Kanak (TK) Trio sering nonton wayang thengul.

Ketika usia Sekolah Dasar (SD) Trio yang memang suka keramaian dan bercanda ini sering diajak ayahnya ketika mendalang. Bahkan ketika dirinya menginjak kelas 5 SD ayahnya sudah mengajarinya bagaimana mendalang thengul dan langsung praktek dalam sesi perang gagal di sela-sela ayahnya mendalang. Sejak kecil memang hanya wayang thengul yang disaksikannya, tidak mengenal tentang wayang kulit, sehingga membuat Trio tertarik mendalaminya.

Ketika kemudian masuk di SMKN 12 Surabaya, Trio tetap menekuni wayang thengul, meski juga harus memelajari wayang kulit sebagaimana pelajaran yang diterimanya. Dan hanya Trio, satu-satunya siswa yang menguasai wayang thengul diantara 7 siswa seangkatannya. Pengalaman mendalang lainnya ketika berlangsung parade 10 (sepuluh) dalang wayang thengul di Kahyangan Api (15/4) dalam durasi 1 (satu) jam dengan lakon utuh. Sebelum itu juga mendalang.

Source brangwetan.com brangwetan.com/2018/05/13/trio-bayu-aji-generasi-baru-dalang-wayang-thengul
Comments
Loading...