Dalang Wayang : Umeda Hideharu, Dalang Jepang

0 115

Umeda Hideharu (dalang) menambahkan, pagelaran wayang listrik itu sepenuhnya dilakukan oleh seniman dari Jepang.

Kehadiran mereka dengan karyanya diharapkan mampu menambah keragaman seni untuk menghibur masyarakat di Bali

katanya. Penampilan wayang kontemporer yang didukung kemajuan teknologi itu, juga diharapkan mampu meningkatkan wawasan seniman Bali dalam memanfaatkan iptek.

Pementasan wayang listrik sepenuhnya hanya melibatkan seniman Jepang. Tidak ada kolaborasi dengan seniman lokal

ujar Kadek Suardana. Suardana mengatakan, pihaknya sejauh ini membantu kelancaran serta memfasilitasi dengan panitia PKB, dengan harapan semua dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Masyarakat dan seniman Bali hendaknya menyempatkan waktu untuk menyaksikan pagelaran wayang listrik, mengingat Bali juga memiliki kesenian wayang

harap Kadek Suardana. Selain wayang listrik, dari Jepang ada dua grup kesenian yang akan pentas di PKB. Grup lainnya adalah Sanggar “Wyarhita” yang melibatkan sekitar 20 seniwati. Ke-20 wanita yang piawai tari Bali dalam penampilannya berkolaborasi dengan seniman Bali. Pengelola Sanggar Suara Kanti Desa Singapadu Tengah, Kabupaten Gianyar I Nyoman Cerita SST MFA menambahkan, mereka akan menampilkan tari-tari lepas dan tari klasik Bali.

Sementara 40 seniman tabuh yang akan mengiringi pementasan tersebut adalah anggota Sanggar Suara Kanti Desa Singapadu, daerah gudang seni di Kabupaten Gianyar. Untuk itu, kata dia, pihaknya sejak lama telah berkomunikasi dengan pemilik Sanggar “Wyarhita” siap.

Source bali.antaranews.com bali.antaranews.com/berita/4863/jepang-tampilkan-wayang-kontemporer
Comments
Loading...