Dalang Wayang : Wahyu Pamungkas, Dalang Bocah

0 134

Vokalnya menggelegar seperti orang dewasa. Saat melihat pertunjukannya, tak mengira jika sang Dalang baru berusia 13 tahun. Mulai dari vokal sampai tampilannya, sudah menyerupai penampilan Dalang dewasa. Membawakan Babad Alas Mertani (Wana Marta), Wahyu menampilkan pertunjukan yang cukup memikat. Teknik sabet yang diperagakan juga cukup rapih. Tak heran riuh tepuk tangan penonton beberapa kali terdengar mengganjar penampilan Wahyu.

Wahyu seakan paham betul bagaimana mengendalikan panggung. Ia mampu menjaga keseimbangan ritme antara musik dan gerak lewat Wayang di genggamannya. Badan bongsor Wahyu menjadi salah satu berkah yang membuatnya tidak kesulitan untuk mempraktekkan berbagai teknik yang biasa dibawakan Dalang dewasa. Pilihannya membawakan gagrag Banyumasan yang terkenal energik terbukti menjadi padanan nan memikat pada malam perdana Festival Dalang Bocah 2015.

Kelebihan Wahyu tak terbatas dalam memainkan gagrag Banyumasan saja, bocah kelahiran Maos, 2 Oktober 2002 ini juga mampu membawakan gagrag Solo. Terbukti saat ditantang Mas Irwan Riyadi yang menjadi pembawa acara FDB 2015 untuk membawakan Suluk gaya Solo, Wahyu tak mengalami kesulitan sedikitpun. Selain karena berasal dari Banyumas asli, bocah kelas enam Sekolah Dasar ini mengaku jika gagrag Banyumas memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi.

Banyumasan lebih rame

Tandasnya saat ditanya mengenai alasan kenapa lebih memilih gagrag Banyumas ketimbang Solo. Wahyu merasa bangga dengan gagrag Banyumas yang membesarkannya.

Source dalangbocah.com dalangbocah.com/wahyu-pamungkas-makin-rame-makin-asik
Comments
Loading...