Dalang Wayang : Wignyopranoto (Ki Tarjono Wignyopranoto)

0 167

Ki Tarjono Wignyopranoto sebagai dalang wayang kulit sudah tidak asing lagi bagi masyarakat seni di Banyumas dan sekitarnya. Apalagi dalang terkenal yang merasakan masa kejayaan tahun 70-an tersebut, saat ini masih sering mendalang.

Tetapi sekarang saya lebih banyak mendalang untuk keperluan ruwatan. Karena itu sebutan saya sekarang adalang Dalang Ruwat

Kata Ki Tarjono yang pertama mendalang tahun 1965. Ditemui KR, Kamis (24/1), di rumahnya sekaligus Pondok Soto Pak Jon’s miliknya, di Jl Karangrau Km 3 Banyumas, Ki Tarjono mengisahkan bahwa saat itu ia masih duduk di SMP. Sekolahnya tidak bisa selesai karena harus menggantikan ayahnya sebagai dalang wayang kulit. Sejak awal hingga sekarang, ia tetap setia pada pergelaran wayang gagrak Banyumasan. Bahkan Ki Tarjono saat ini merupakan salah satu narasumber yang selalu siap dan dengan suka rela menjelaskan wayang Banyumasan, kepada siapa saja yang memerlukannya.

Pada dekade 70-an sampai 80-an, Ki Tarjono boleh disebut sebagai dalang kondang. Saat itu ia bisa mendapat tanggapan sekitar 24 kali sebulan. Nama Tarjono sejak tahun 70-an bahkan tidak hanya dikenal di jagad pergelaran wayang kulit gagrak Banyumasan, tetapi juga terkenal di lingkungan seni ketoprak, lantaran ia menikahi Sudaryani, primadona ketoprak dari grup Sami Aji pimpinan Hardi Timbul (sekarang Timbul Srimulat). Dari pernikahan dengan Sudaryani, Ki Tarjono dikaruniai anak.

Source wayang.wordpress.com wayang.wordpress.com/2010/03/06/ki-tarjono-dalang-ruwat-banyumas/#more-1292
Comments
Loading...