wayangku.id

Dalang Wayang : Woro Mustiko Siwi, Dalang Anak

0 2

Dalang cilik Woro Mustiko Siwi. Gadis kecil kelahiran Semarang, 29 Agustus 2002 itu fasih memainkan wayang. Kedua tangannya bergantian mengambil tokoh wayang sesuai cerita. Suaranya pun berubah-ubah menyesuaikan tokoh yang sedang dimainkannya. Untuk menyesuaikan penontonnya yang merupakan anak sekolah dasar, ia membuka pertunjukan wayang Kancil dengan lagu jawa ‘Menthok’. Semuanya dilakukannya layaknya dalang yang identik dengan pria.

Saya meneruskan jejak nenek buyut saya Nyi Kenya Carita yang jadi dalang perempuan pertama keraton Surakarta pada Paku Buwono (PB) X

Ucap juara festival dalang bocah saat Dies Natalies UNY itu.

Itu dari diceritakan ibu saya

Tambah anak dari pasangan Retno musthisari (30), dan Agus Purwo murdoko (31). Dalam Pentas Keliling Tiga Kota dengan tema ‘Wayang kancil masuk sekolah’ itu penontonnya anak-anak sekolah dasar di Semarang. Tidak sekadar menonton, anak-anak SD turut maju ke panggung. Melihat pentas wayang yang dimainkan Woro. Bagi anak-anak SD yang penasaran, mereka memperhatikan dengan sangat kelincahan Woro memainkan lakon. Tidak sedikit yang memotret aksi dalang cilik perempuan dari Sanggar Sarotama, Surakarta itu.

Saya belajar dalang saat kelas tiga. Waktu itu saya lihat festival dalang di Solo terus pingin ikut

Kata Woro. Namun, sebelum bergelut dengan dunia Dalang, sejak umur dua tahun ia sudah mencoba bergelut dengan kesenian. Ia belajar macapat hingga tari.

Source dalangbocah.com dalangbocah.com/woro-mustiko-siwi-seniwati-cilik-serba-bisa
Comments
Loading...