Dalang Wayang : Yek Sansan, Mendalang Wayang Potehi

0 140

Salah satu dari sedikit orang yang bisa memainkannya adalah Yek Sansan. Yek Sansan adalah seorang pemain wayang potehi sukses asal Indonesia. Ia keturunan Hakka di Kota Singkawang, Kalimantan dan kini menetap bersama suaminya di Taiwan. Saat pertama kali menginjakkan kakinya di Taiwan, bersama suaminya, Sansan merasa sedikit kewalahan mempelajari budaya dan bahasa kampung halaman suaminya. Walaupun begitu, Sansan sering mendapatkan pujian dari tetangganya, mengatakan dia adalah istri yang baik, rajin, dan suka membatu suami di ladang dan melakukan pertunjukan wayang potehi.

Wayang potehi merupakan salah satu pertunjukan tradisional paling penting di Taiwan, menghubungkan rakyat dengan kepercayaan dan agama. Suami Yek Sansan, Chen Chih-neng, memiliki kelompok wayang potehi yang sering tampil dari panggung ke panggung, saat festival, dan perayaan di kelenteng. Sansan kemudian dilatih oleh suaminya untuk mendalangi wayang potehi. Ia mengaku memang awalnya sulit, namun Sansan tidak menyerah dan kini ia bisa mendampingi suaminya di atas panggung.

Panggung yang mereka miliki adalah sebuah mobil truk yang disulap menjadi panggung wayang, sekaligus alat transportasi mereka. Sebelum memulai pertunjukan, Sansan dan Chen terlebih dulu harus melakukan penyembahan dengan membakar dupa dan uang kertas. Hal tersebut bertujuan untuk menunjukkan rasa hormat mereka kepada Dewa.

Aku selalu ingat ketika pertama kalinya berperan dalam wayang

Source Liputan 6 liputan6.com/global/read/2512196/kisah-sukses-wni-jadi-dalang-wayang-potehi-di-taiwan
Comments
Loading...