Falsafat Wayang : Analisa Wayang, Keutamaan Dewi

0 104

Dewi Kunthi memang termasuk tokoh pewayangan yang penting untuk disimak, terutama bagi kaum ibu. Kehidupannya bagaikan pohon kebahagiaan bagi anak-anaknya. Itulah prinsip hidup ibunda ksatria Pandhawa ini. Tetapi, siapakah sebenarnya Dewi Kunthi itu? Wanita ini waktu kecilnya bernawa Dewi Prita, adalah putri kandung Prabu Basukunthi, seorang raja di Kerajaan Mandura, yang juga merupakan kakek Baladewa dan Sri Kresna. Dewi Prita diangkat sebagai anak oleh pamannya, yaitu Prabu Kuntiboja yang konon tidak memiliki keturunan.

Sejak itulah namanya berubah menjadi Dewi Kunthi. Setelah dewasa Dewi Kunthi dipersunting oleh Prabu Pandhudewanata melalui sebuah sayembara perang tandhing, jadilah ia sebagai permaisuri Kerajaan Astinapura. Tetapi sungguh malang nasib wanita ini, saat kebahagiaan menyelimuti hidupnya dan di tengah kesibukannya mengasuh ketiga anaknya (Puntadewa, Wrekudara dan Janaka) dia harus menerima kenyataan pahit karena suaminya menikah lagi.

Selang beberapa bulan sang Prabu gugur bersamaan dengan wafatnya si istri muda (Dewi Madrim), dan meninggalkan dua anak kembar, yaitu Nangkula dan Sahadewa.menjadikannya sebagai tokoh dengan tanggapan pro dan kontra.

Source kompasiana.com kompasiana.com/rusrusman522/5b16cdb9cf01b463207952d5/analisa-wayang-keutamaan-dewi-kunthi
Comments
Loading...