Falsafat Wayang : Dewi Sawitri, Lambang Kesetiaan

0 379

Dewi Sawitri: Lambang kesetiaan. Pada jaman dahulu kala di negeri Madra bertahtalah seorang raja bernama Prabu Aswapati yang berbudi luhur, adil dan bijaksana. Beliau mempunyai seorang putri yang bernama Dewi Sawitri yang cantik parasnya, laksana dewi Sri dari Kahyangan. Akan tetapi walaupun Sawitri mempunyai paras yang elok, tubuhnya yang indah menggiurkan, matanya seperti bunga saroja, namun Prabu Aswapati selalu bermuram durja, karena Dewi Sawitri yang sudah dewasa itu belum ada seorangpun yang meminangnya. Maka pada suatu hari Prabu Aswapati bersabda kepada putrinya:

Hai putriku Sawitri, waktu ini sudah saatnya kau harus bersuami. Tetapi karena sampai sekarang tak ada yang meminangmu, maka pilih dan carilah sendiri seorang sujana yang patut menjadi suamimu

Mendengar sabda ayahnya, Sawitripun segera bersujud dan pergi dengan tanpa berpikir lagi, karena malu atas perkataan ayahandanya itu. Dengan diiringi oleh beberapa pengawal berangkatlah Dewi Sawitri dengan kereta kencana memasuki hutan belantara menuju ke tempat pertapaan para Brahmana. Di tengah hutan tersebut Dewi Sawitri berjumpa dengan seorang pria yang tampan, Setiawan namanya. Ia putra dari seorang Brahmanaraja yang bernama Jumatsena. Brahmanaraja tersebut semula adalah seorang raja di negeri Syalwa, tetapi kemudian menjadi Brahmana karena cacat buta matanya, pada waktu putranya masih kecil beliau cacat meninggalkan tahtanya yang telah dirampas.

Source Wayangku Albert Usada
Comments
Loading...