Falsafat Wayang : Gunakan Media Boneka Wayang

0 8

Menanam Nilai Budi Pekerti Menggunakan Media Boneka Wayang

Pendidikan merupakan proses mendewasakan peserta didik yang bertujuan mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi kehidupan sosial. Peserta didik adalah anak-anak yang masih memerlukan didikan dari orang-orang yang lebih dewasa yang memahami apa yang disebut pembelajaran. Sedangkan pembelajaran adalah setiap kegiatan yang dirancang untuk membantu seseorang mempelajari suatu kemampuan dan atau nilai yang baru. Nilai-nilai pendidikan tersebut dapat dikatakan sebagai nilai-nilai positif yang bisa dikatakan sebagai budi pekerti.

Budi pekerti dapat dikatakan sebagai induk dari segala etika, tatakrama, tata susila, perilaku baik dalam pergaulan, pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Bahwa nilai-nilai budi pekerti itu ditanamkan oleh orang tua dan keluarga sejak anak-anak itu masih bayi bahkan sejak anak masih dalam kandungan sang ibu, kemudian disekolah yang dilakukan oleh bapak/ibu guru sebagai pengganti orang tua di sekolah, dan tentu saja oleh masyarakat yang dilakukan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Akan tetapi berbagai segi kehidupan anak saat ini terguncang, karena terjadinya penurunan akan moral yang terjadi. Anak-anak mengenal rokok, narkoba, kehidupan bebas, dan hal-hal yang menyimpang dari nilai-nilai berbudi pekerti.

Source kompasiana.com kompasiana.com/28edhy90/552fcf7b6ea8348a408b4634/menanam-nilai-budi-pekerti-menggunakan-media-boneka-wayang
Comments
Loading...