Falsafat Wayang : Kamajaya-Kamaratih Simbol Rukun

0 295

Kamajaya dan Dewi Ratih atau Kamaratih memang tidak begitu terkenal dalam cerita pewayangan. Kamajaya dan Dewi Ratih dikenal sebagai dewa-dewi cinta yang menjadi simbol kerukunan suami istri. Kamajaya adalah Dewa Cinta putra Sang Hyang Isma. Ia berparas elok, berbudi luhur, jujur, berhati lembut dan penuh kasih kepada istrinya. Begitu Juga dengan Kamaratih atau Dewi Ratih, ia adalah putri Sang Hyang Resi Soma. Ia berparas sangat cantik dan berwatak seperti suaminya.

Pasangan dewa-dewi ini saling menyayangi, mencintai, sangat rukun dan selalu menjaga kesetiaan lahir dan batin. Kamajaya dan Kamaratih tak pernah berpisahan. Kasih sayang dan kerukunan mereka sebagai suami istri itu menjadikan mereka sebagai symbol kerukunan suami istri. Sehingga pada acara pernikahan masyarakat Jawa, sering terdengar wejangan untuk kedua mempelai agar pasangan suami istri tersebut bisa saling mencintai, rukun dan setia seperti Kamajaya dan Kamaratih.

Dan bila kelak pasangan tersebut memiliki anak, diharapkan anak tersebut mempunyai sifat-sifat seperti Kamajaya (jika laki-laki), dan secantik Kamaratih (jika perempuan). Selain itu, dalam acara tujuh bulanan atau mitoni dalam budaya Jawa, kelapa muda yang hendak dipecahkan ayah calon bayi sering dilukiskan atau dituliskan nama Kamajaya. Sebagai wujud dari buah cinta. Salah satu kisah pewayangan Kamajaya dan Kamaratih tertulis dalam buku Smaradahana. Nanti, Kahyangan diserbu.

Source blog.hadisukirno.co.id blog.hadisukirno.co.id/kamajaya-kamaratih-simbol-kerukunan-suami-istri
Comments
Loading...