Falsafat Wayang : Kamajaya Simbol Pria Sempurna

0 212

Kamajaya adalah putra Sanghyang Ismaya dengan Dewi Sanggani, putri Sanghyang Wenang yang kesembilan. Bathara Kamajaya dikenal berwajah tampan dan sempurna. Bathara Kamajaya menjadi lambang laki-laki yang sempurna di kahyangan, seperti halnya Arjuna yang menjadi kesempurnaan lelaki di dunia. Bathara Kamajaya berkedudukan di kahyangan Cakrakembang, permaisurinya bernama Dewi Ratih, puteri Bathara Soma. Bathara Kamajaya dan Dewi Ratih sering menjadi lambang kerukunan suami-istri karena mereka sangat rukun, tidak pernah bertengkar, saling percaya dan saling mencintai.

Bathara Kamajaya sangat sayang dengan Arjuna, dan selalu bersedia membela dan membantu Arjuna. Dalam lakon Cekel Indralaya, Bathara Kamajaya menjaga kesucian Dewi Wara Sumbadra, karena Arjuna sedang menjalani tapa brata di padhepokan Banjarmelati. Dengan tidak adanya Arjuna di samping Dewi Wara Sumbadra, dimanfaatkan oleh para Korawa untuk menggoda istri Arjuna tersebut yang tinggal di Banoncinawi. Dalam lakon Partadewa saat Pandawa murca dan Arjuna sedang bertakhta di kahyangan Batahara Indra, Bathara Kamajaya membela kerajaan Amarta dari penguasaan Korawa.

Bathara Kamajaya dan Dewi Ratih sangat dikenal terutama di tanah Jawa. Sehingga jika ada seorang calon ibu yang mengandung bayi pertamanya, dalam acara tujuh bulanan atau “mitoni” ada syarat berupa buah kelapa gadhing yang masih muda atau cengkir gading yang digambari bathara Kamajaya dan Dewi Ratih. Laki-laki tampan seperti Kamajaya.

Source blog.hadisukirno.co.id blog.hadisukirno.co.id/bathara-kamajaya-lambang-pria-sempurna
Comments
Loading...