Falsafat Wayang : Kelir (Layar atau Tirai), Pembatas

0 317

Terdapat berbagai simbol dalam pewayangan, dan setiap simbol satu dengan yang lainnya merupakan suatu satu kesatuan yang terangkai menjadi satu. Simbol wayang pun memiliki makna yang sangat luas. Ada dua macam simbol dalam pakeliran wayang : material, dan immaterial. Simbol Material. Simbol material merupakan simbol-simbol yang dikandung oleh hal-hal yang bisa dilihat dan disentuh, dalam arti lain, ini merupakan hal-hal yang memiliki unsur fisik. Simbol material bisa berwujud benda-benda yang digunakan dalam pakeliran wayang, maupun orang-orang yang terlibat didalamnya.

Kelir (layar atau tirai), yaitu pembatas berupa kain putih tempat dhalang memainkan wayang yang bayangannya bisa dilihat dari balik layar. Arti simbolnya:

  • Kelir adalah alam semesta yang sangat rahasia
  • Perpaduan kelir dan wayang yang dimainkan di depannya, sedangkan penonton ada di balik layar yang lain, sehingga hanya terlihat bayangannya, berarti kehidupan manusia merupakan suatu perilaku yang misterius. Ia hanya dapat ditafsirkan oleh manusia yang mau berfikir atau berfilsafat bagi penganut filsafat ketuhanan, manusia beriman yang dituntun oleh wahyu tuhan.
Source tatahsungging.wordpress.com tatahsungging.wordpress.com/tentang-wayang/persimbolan
Comments
Loading...