Falsafat Wayang : Nilai yang Terkandung dalam Panji

0 231

Cerita Panji sangat populer di Indonesia karena sarat kisah percintaan dan kepahlawanan. Karakter Panji sebagai seorang ksatria mengandung nilai luhur yang secara universal berlaku sepanjang masa, meliputi nilai keberanian, keadilan, kesabaran, dan keramahan. Penampilan Panji mempesona para wanita karena ketampanan dan kebaikan budinya. Sebagai seorang ksatria, ia melindungi rakyatnya, memberantas kejahatan, dan membinasakan musuh-musuhnya.

Dia selalu unggul dalam peperangan tanpa keinginan untuk menjajah bangsa yang dikalahkan. Nilai-nilai religius dijunjung tinggi dan ia, sebagai manusia, merasa tak berdaya di hadapan Sang Mahakuasa. Ia sangat berbakti pada rajanya dan orang-orang tua serta selalu menurut segala perintah dan nasihatnya. Ia setia pada kekasih utamanya meskipun sering tergoda oleh puteri-puteri yang dijumpainya. Panji sering tampil sebagai seniman yang mahir menari dan bermain gamelan, tekun mempelajari karya sastra dengan melagukannya serta menguasai makna yang tersurat dan tersirat.

Nilai moral yang terkandung dalam kisah tokoh Panji antara lain loyalitas pada kerajaan, berani meraih kejayaan, berkorban demi tujuan luhur, menyejahterakan masyarakat, serta tabah dan sabar menjalani penderitaan lahir batin. Cerita Panji merefleksikan keseimbangan spiritual dan duniawi, sabar menjalani cobaan dan penderitaan sebagai sarana untuk meningkatkan kesadaran demi menjalankan kewajiban suci sebagai umat dari Yang Mahakuasa. Fungsi cerita Panji dan karya sastranya secara umum dapat memberikan kesenangan tersendiri.

Source sekarbudayanusantara.co.id sekarbudayanusantara.co.id/Wynk/?p=1400
Comments
Loading...