Festival Dalang : Festival Dalang Bocah 2009, Regenerasi

0 154

Festival Dalang Bocah 2009 memperlihatkan perkembangan yang menggembirakan bagi dunia pedalangan di kalangan generasi muda. Sayangnya, perkembangan itu masih di sekitar lingkup keluarga dalang.  Pada festival yang berlangsung sejak 16-19 Desember 2009 dan diikuti 18 peserta perwakilan daerah itu berhasil mendapuk 6 dalang bocah terbaik. Mereka antara lain adalah I Dewa Ketut Wicaksandhita asal Bali, R Samiaji K.S dari Jawa Barat, Bayu Gunawan dari Sumatera Utara, Sih Hono Purwo Laksito dari Jawa Timur, Bimo Sinung Widagdo dari DKI Jakarta, serta Bayu Probo dari D.I. Yogyakarta. Dinobatkan sebagai penyaji terbaik adalah Magistra Yoga Utama dari Jawa Tengah.

Sebetulnya kita ingin melihat sejauh mana perkembangan pedalangan di kalangan generasi muda di daerah, sekaligus juga untuk melihat minat dan apresiasi anak terhadap dalang yang dimainkan oleh anak-anak seusianya

ujar Bambang Asmoro, Humas Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Pusat, usai pemberian penghargaan festival itu di Gedung Pewayangan Kautaman, TMII, Jakarta, Sabtu (19/12/2009). Bambang mengatakan, alih generasi pedalangan saat ini sudah sangat matang dan menggembirakan. Semua peserta, kata dia, yang tampil di festival ini mampu memperlihatkan teknis dan kemampuannya dengan baik, mulai dari sulukan (melagukan tambang), keprakan (pengendali musik), sabet (memainkan wayang), serta antawecana (membawakan dialog atau cerita). Padahal, lanjutnya, usia peserta tersebut dibatasi sampai 13 tahun dan rata-rata anak usia SD & SMP. 

Source kompas.com nasional.kompas.com/read/2009/12/21/10095615/festival.dalang.bocah.meneropong.regenerasi.pedalangan
Comments
Loading...