Festival Dalang : Festival Dalang Bocah 2014, Blora

0 49
Festival Dalang Bocah 2014 yang diselenggarakan Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Blora pada hari Minggu (21/9) kemarin berjalan meriah di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora. Festival yang digelar untuk menumbuhkan rasa cinta pada budaya wayang pada anak-anak ini diikuti 7 dalang bocah berbakat se Kabupaten Blora. Ketua Pepadi Blora, H. Sukarno, SH, mengatakan ide dan gagasan pelaksanaan festival Dalang Bocah tingkat Kabupaten Blora, sebenarnya sudah dua tahun lalu. Tetapi karena sesuatu dan lain hal baru bisa terlaksana pada tahun ini.
Gagasannya sudah dua tahun lalu, tetapi baru bisa terlaksana pada tahun 2014
tandasnya. Penilaian Festival Dalang Bocah, kata dia, diantaranya penyaji terbaik dan penyaji sastra terbaik. Selain itu para penonton dan undangan dibagikan kartu untuk menentukan pilihan dalang bocah favorit.
Sebab, masing-masing dalang memiliki kelebihan, jadi ada penilaian tersendiri oleh dewan juri
katanya. Ketujuh Dalang Bocah tersebut yaitu Yogi Dwi Oktavianto, asal Desa Bleboh, siswa Kelas VIII SMPN 2 Jiken, membawakan lakon Sena Maguru. Surya Aji Anggoro, asal Dukuh Ngareng Desa Tambaksari Kecamatan Blora, siswa kelas VII SMPN 2 Blora membawakan lakon Brojodento Balelo. Kemudian Danar Dwi Primadya kelas IV SD Muhammadiyah membawakan lakon Bubrah Alengka. Alif Wismi Salman Abdillah kelas IV SD Islam Baitunur Blora, asal Dukuh Maguan, Desa Tamanrejo, Tunjungan dengan lakon Lahire Wisanggeni.   
Source infoblora.com infoblora.com/2014/09/alif-wismi-siswa-sd-islam-baitunnur.html
Comments
Loading...