Festival Dalang : Festival Dalang Bocah Hari ke III

0 22

Festival Dalang Bocah dan Festival Dalang Muda Tingkat Nasional 2018 sudah memasuki hari ketiga. Kian dekat sudah dengan penghujung Pagelaran. Sabtu, 22 September adalah hari terakhir pertunjukan di Panggung Putro Pendowo, lokasi Festival Dalang Bocah dihelat. Sementara untuk Festival Dalang Muda yang menggunakan Candi Bentar, masih ada tiga penampil lagi yang akan unjuk kebolehan di keesokan harinya, sebelum juri bersidang dan mengumumkan pemenang di malam hari penutupan, Minggu 23 September.

Keseruan acara memberikan kesan, waktu serasa berjalan begitu cepat. Padahal jumlah peserta kali ini bertambah dari tahun-tahun sebelumnya. Terhitung 12 Peserta Dalang Bocah dan 10 peserta Dalang Muda ambil bagian pada hari ketiga. Semuanya menyajikan penampilan memukau. Babon yang digunakan untuk lakon cerita pun tidak semata memakai Mahabharata dan Ramayana sebagai pakem. Ada juga yang menggunakan Kitab Menak, sebagaimana ditampilkan Dalang Muda Ratnanto Adhi Putra Wicaksono dari Jakarta yang membawakan Wayang Golek Menak dengan lakon Adaninggar dan Dalang Bocah Ragil Jalu Pangestu dari Yogyakarta yang juga membawakan Wayang Golek Menak dengan lakon Maktal Tobat.

Sajian Wayang dengan menampilkan varian gagrag dari berbagai daerah ini seakan memperjelas ke-Bhineka-an Indonesia. Ya, Wayang memang memiliki nilai yang bisa dibilang sangat apresiatif terhadap keberagaman. Dengan tetap mengacu terhadap konsep dasarnya, Wayang membuka ruang bagi masing-masing Dalang untuk mengeksplorasi idenya.

Source Festival Dalang dalangbocah.com/fdb-fdm-hari-ke-iii-segelintir-refleksi-wayang-di-pusaran-revolusi-digital
Comments
Loading...