Ide & Konsep : Kurawa (Korawa), Keturunan Raja Kuru

0 175

Kurawa atau biasa disebut Korawa atau Kaurawa merupakan istilah dalam bahasa sansekerta yang artinya keturunan dari raja Kuru. Dalam Wiracarita Mahabharata, Kurawa merupakan tokoh-tokoh Antagonis yang menjadi musuh bebuyutan dari para Pandawa Lima. Jika ada orang yang sudah tahu apa itu Kurawa, pasti mereka hanya tahu kalu Kurawa adalah keturunan dari raja Derastrata yang berjumlah seratus orang dan menjadi musuh dari Pandawa. Berikut adalah definisi dari Kurawa, agar lebih mengetahui lagi apa itu Kurawa. Kurawa atau Korawa dalam cerita Mahabharata mempunyai dua definisi, yaitu:

1. Dalam Arti Luas. Kurawa berarti seluruh keturunan dari Kuru. Kuru adalah nama dari seorang maharaja keturunan dari Bharata, dan nantinya akan menurunkan tokoh-tokoh besar dalam cerita Mahabharata. Dalam pengertian ini, Pandawa Lima termasuk juga di dalam korawa dan kadang disebut begitu dalam Mahabharata, khususnya dibeberapa nbagian awal.

2. Dalam Arti Sempit. Dalam arti ini, Kurawa hanya merujuk pada garis keturunan raja Kuru yang lebih tua. Istilah hanya untuk anak-anak dari raja Dretarastra. Dretarastra adalah anak sulung dari Wicitrawirya yang merupakan keturunan dari raja Kuru. Raja Derastrata adalah yang berhak menjadi raja menurut urutan kelahiran (dia anak pertama), namun karena ia buta, sehingga akhirnya diganti oleh adiknya yang bernama raja Pandu (Ayah Pandawa). Dalam Istilah sempit ini, Pandawa.

Source facebook.com facebook.com/wayangheritage/photos/a.923390071049073.1073741827.923388207715926/923392037715543/?type=3&theater
Comments
Loading...