Ide & Konsep : Pandhawa, Anak Pandu (Dewanagari)

0 252

Pandawa berasal dari bahasa sansekerta yang berarti anak Pandu (Dewanagari), yaitu salah satu dari raja Hastinapura dalam wiracarita Mahabharata. Dengan demikian, seharusnya mereka adalah puta mahkota dari kerajaan tersebut. Para Pandawa terdiri dari lima orang pangeran yaitu Yudistira, Bima dan Arjuna yang merupakan anak kandung Pandu dengan istrinya yang bernama Kunti, serta Nakula dan Sadewa yang merupakan anak kandung Pandu dari istrinya yang bernama Madrim.

Jadi antara Yudistira, Bima, dan Arjuna dengan Nakula dan Sadewa adalah saudara satu ayah berbeda ibu. Menurut susastra Hindu (Mahabharata), setiap anggota Pandawa adalah penjelmaan atau penitisan dari dewa tertentu secara tidak langsung.

Berikut penjelasannya:

  • Yudistira merupakan penitisan atau penjelmaan dari Dewa Yama, yaitu dewa akhirat
  • Bima merupakan penitisan atau penjelmaan dari Dewa Bayu, yaitu dewa angin
  • Arjuna merupkan penitisan atau penjelmaan dari Dewa Indra, yaitu dewa perang
  • Nakula dan Sadewa merupakan penitisan atau penjelmaan dari dewa kembar Aswin, yaitu dewa pengobatan.

Para Pandawa Lima ini adalah tokoh penting dalam wiracarita Mahabharata, yakni pertempuran dahsyat di daratan Kurukshetra antara para Pandawa dengan para Kurawa. Dalam kisah ini, Pandawa menjadi tokoh protagonis, sedangkan Kurawa menjadi tokoh antagonis.

Source facebook.com facebook.com/wayangheritage/photos/a.923390071049073.1073741827.923388207715926/923390437715703/?type=3&theater
Comments
Loading...