Ide & Konsep : Pengertian Wayang, Meneliti Dalang

0 84

Meneliti dalang-dalang yang ada di Surakarta, tahun 1078-1980 meneliti dalang-dalang yang ada di Yogyakarta. Penelitian ini mendapat fasilitas dari pihak keraton, dan para pembantunya yang berasal dari para mahasiswa ASKI jurusan pedalangan untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Para pembantu ini berjumlah 6 orang yang sebagian berasal dari keluarga dalang. Yang dilakukan dalam penelitian adalah melakukan penelitian lapangan berupa  untuk membahas bahan-bahan sekitar enam puluh pagelaran yang pernah disaksikan, yang hasilnya direkam.

Selain itu mengadakan wawancara dengan para dalang, niyaga, tamu undangan, pemirsa  selain itu juga wawancara dengan mahasiswa ASKI dan PDMN. Pada bab satu dibahas mengenai pendidikan dalang, dimana para dalang belajar mendalang sejak usia dini. Mereka sejak kecil sudah mengikuti orang tuanya mendalang. Mereka ikut terlibat dalam menata wayang, menirukan orang tuanya memainkan wayang. Dengan demikian mereka sudah mencintai seni pedalangan sejak kecil, bahkan sudah bisa memainkan wayang dalam pakeliran dengan petunjuk orang tua usia sangat muda.

Biasanya mucuki atau memainkan perang cakil. Deng an demikian minat untuk menjadi dalang akan menjadi kuat. Dengan demikian mereka akan mencari kesempatan memperluas keahliannya dengan banyak menonton pagelaran-pagelaran wayang, terutama oleh dalang-dalang terkenal. Mereka biasanya mempunyai guru yang bisa ditiru gaya dan teknik yang menarik.

Source anazdesign.wordpress.com anazdesign.wordpress.com/resensi-buku/dalang-di-balik-wayang
Comments
Loading...