Ide & Konsep : Tiga Langkah Strategis Kembangkan Wayang

0 77

Pada masa sekarang kondisi pertunjukan wayang golek Menak sangat memprihatinkan, oleh karena itu diperlukan langkah-langkah nyata sebagai usaha pelestarian dan pengembangannya. Revitalisasi bukan lagi sekedar relevan, tetapi yang sangat penting dilakukan agar di masa datang jenis wayang ini tidak hilang begitu saja. Wayang ini diharapkan mampu terus bertahan ditengah-tengah dinamika masyarakat yang selalu berubah oleh pesatnya perkembangan ilmu dan teknologi. Dewanto Sukistono, S.Sn., M.Sn, dosen Jurusan Pedalangan Fakultas Eni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (FSP ISI) Yogyakarta berpendapat ada tiga langkah strategis pengembangan yang perlu dilakukan.

Yaitu, pentingnya pengembangan ide-ide kreatif baik untuk mengatasi faktor-faktor kesulitan teknis berkaitan dengan bentuk wayang maupun estetika pertunjukan dan meningkatkan kerjasama antar stakeholder agar peluang dan kesempatan bagi seniman untuk mengekspresikan ide-ide kreatifnya semakin terbuka. Disamping itu perlu meningkatkan informasi dan publikasi yang berkaitan dengan wayang golek Menak Yogyakarta dalam berbagai bentuk, baik tulisan maupun pertunjukan dengan memanfaatkan berbagai macam media.

“Prioritas dari hal ini adalah para generasi muda sebagai kunci keberlanjutan seni tradisi. Di dalam proses revitalisasi ini, tentu harus memahami konsep dasar serta implementasinya dalam pertunjukan wayang golek Menak, agar pengembangan yang dilakukan tidak menghilangkan esensi nilai-nilai estetika yang melekat di dalamnya”, katanya, disekolah Pascasarjana UGM, Rabu (13/11). Menjalani ujian terbuka Program Doktor UGM.

Comments
Loading...