Jenis Wayang : Akhir Hayat Wayang Kulit Indonesia

0 62

Terdapat kejadian yang mengejutkan. Beredar spanduk-spanduk yang berisikan penolakan terhadap salah satu warisan budaya dan Local Genius di Indonesia, Wayang Kulit. Spanduk ini jelas provokasi dan pembodohan publik dengan tujuan mengadudomba antar sesama penduduk Indonesia. Agama dan Budaya tidak akan pernah bisa dipisahkan, keduanya saling berkelindan, tumpang tindih dan beririsan di ruang publik.

Gerakan ini memang belum diketahui siapa otak utamanya, namun siapapun itu tindakan ini sudah keterlaluan. Membenturkan agama dan budaya sama saja mengikis rutinitas dan realita kehidupan kita sehari-hari. Kearifan Lokal tidak bisa dipungkiri memberikan beberapa pedoman dan arahan dalam kehidupan berbudaya dan beragama.

Pejabat publik pun angkat bicara terkait provokasi ini. Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengkritik insiden spanduk provokatif. Djarot berpendapat pemasangan spanduk tersebut berpotensi memecah belah Indonesia karena Wayang Kulit sudah sangat kental dalam kebudayaan Indonesia khususnya orang Jawa.

Source kompasiana.com kompasiana.com/hedipurnomo45/5885b03d309373c8054b39ac/akhir-hayat-wayang-kulit
Comments
Loading...