Jenis Wayang : Banjar (Wayang Purwa Gaya Banjar)

0 303

Asal mula wayang Banjar adalah berasal dari wayang kulit purwa yang ada di Jawa. Mengenai kapan masuknya wayang kulit purwa ke Banjar sehingga menjadi wayang Banjar, ada beberapa argumentasi yang berkembang di masyarakat. Menurut Suwedi Montana, berdasarkan Hikayat Banjar atau Lambung Mangkurat menyatakan bahwa masuknya wayang kulit purwa ke Banjar adalah pada jaman pemerintahan Majapahit, yakni lewat ikatan perkawinan antara Pangeran Suryanata dari Majapahit-Jawa dengan Putri Junjung Buih dari negara Dipa-Kalimantan. Dalam Hikayat Banjar dinyatakan bahwa terdapat tiga episoda yang berkenaan dengan pertunjukan wayang dan upeti berbentuk wayang yakni :

1. Episode ketika Lambung Mangkurat datang ke Majapahit untuk mencari calon mempelai laki-laki bagi Putri Junjung Buih. Ia disambut dengan berbagai pertunjukan diantaranya : barwayang wong (wayang orang), barwayang purawa (wayang purwa) dan barwayang gadogan (wayang gedog).

2. Episode perkawinan antara Pangeran Suryanata dari Majapahit dengan putri Junjung Buih di Nagara Dipa. Dalam peristiwa itu ada pertunjukan keramaian tujuh hari tujuh malam, di antaranya : barwayang wong, barwayang gadogan dan barwayang purawa.

3. Episode ketika Ki Mas Lalana yang memberikan hadiah bermacam-macam barang kepada Raja Putri Kalungsu, di antaranya wayang gadogan satabla (satu kotak), wayang purawa satabla, dan wayang topeng satabla. Ki Mas Lalana sebenarnya adalah putra Putri Kalungsu itu sendiri yang melarikan diri ketika masih kecil.

Source wayangindonesia.web.id wayang.wordpress.com/2006/10/27/wayang-purwa-gaya-banjar/#more-429
Comments
Loading...