Jenis Wayang : Belajar Geografi Bersama Wayang

0 33

Indonesia merupakan negara yang mempunyai beragam budaya yang sangat melimpah ruah. Terbentang dari Sabang sampai Merauke. Kebudayaan wayang, khususnya Wayang golek sebagai salah satu kebudayaan Indonesia kini telah diakui oleh UNESCO. Akan tetapi kebudayaan tersebut semakin ditinggalkan oleh bangsa. Padahal kearifan local yang telah berkembang di Indonesia mampu dimanfaatkan dan dikenalkan dalam dunia pendidikan pada saat kegiatan belajar di kelas.

Adanya temuan di lapangan yang mengenai pembelajaran geografi yang masih memberikan pengajaran klasik yaitu metode konvensioanal atau yang kita kenal dengan ceramah di kelas. Sekaligus imbas dari siswa yang kurang menyukai mata pelajaran geografi, mendorong mahasiswa untuk memberikan inovasi dalam pembelajaran disekolah. Bahkan ditemukan saat ini, tenaga ahli dalam bidang geografi masih sangat sedikit. Melihat dari potensi, Indonesia masih kekurangan ilmuwan geografi.

Padahal, permintaan tenaga profesional yang menguasai bidang ilmu geografi masih cukup tinggi. Bidang keahlian yang seharusnya terisi oleh ilmuwan geografi tidak bisa dipenuhi karena tingginya permintaan. saat ini kebutuhan ilmuwan geografi mencapai 29 ribu orang. Sementara itu, jumlah lulusan masih sedikit.

Source Kompas kompasiana.com/mardy.joeang/551f419281331111039df4da/mahasiswa-unj-menerapkan-belajar-geografi-bersama-wayang-golek
Comments
Loading...