Jenis Wayang : Cerita Dibalik Panggung Wayang Wong

0 53

Setiap pertunjukan harus memerlukan persiapan dari segala hal. Begitu pula dengan pertunjukan wayang orang. Diluar isi cerita yang dibawakan, ternyata para personel juga harus mempersiapkan segalanya untuk mendukung cerita tersebut. Mulai dari persiapan panggung, properti panggung, pakaian hingga make up sesuai  peran, itu harus dipersiapkan sedetil mungkin. Seperti yang dituturkan oleh Marsam Mulyoatmodjo, selaku Ketua Paguyuban Wayang Orang Bharata Purwa.

Kita sudah berpuluh-puluh tahun mengadakan pertunjukan, dan saya yakin para pemain dan petugas panggung pasti sudah hapal betul apa yang harus dikerjakan sebelum pertunjukan dimulai, tapi tetap saja bagi kami harus ada persiapkan tersendiri

Dia memberikan salah satu contoh, yaitu tentang riasan wajah pemain.Ternyata para pemain wayang orang ini merias sendiri. Mereka memoles wajahnya dengan riasan sesuai dengan peran yang dilakonkan. Contohnya ketika mereka berperan sebagai raksasa, maka wajah yang dirias akan cenderung dengan rias bedak dominan warna merah dan sedikit garis hitam lalu kadang mereka menambahkan menggambar gigi yang besar-besar di sekitar mulut mereka.

Source kompasiana.com kompasiana.com/farids/565fb68e737e618c1bfa516b/cerita-dibalik-panggung-wayang-orang-bharata
Comments
Loading...