Jenis Wayang : CPNS untuk Pemain Wayang Orang

0 168

Pemerintah Kota Solo akan mengajukan lagi usulan formasi tambahan penerimaan calon pegawai negeri sipil kepada pemerintah pusat. Ini untuk mewadahi para pemain wayang orang Sriwedari agar dapat diangkat sebagai pegawai negeri sipil. Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Solo Rakhmat Sutomo mengatakan, pada awalnya Pemkot Solo mengajukan usulan 694 formasi penerimaan CPNS kepada pemerintah pusat. Akan tetapi, dari usulan itu hanya disetujui 461 formasi terdiri dari tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis lainnya.

Kami sebelumnya mengusulkan 694 formasi. Sebab, walaupun yang dibuka peluang oleh pemerintah pusat hanya untuk kebutuhan tenaga kependidikan, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis lainnya, tetapi kami nekat mengusulkan formasi tambahan untuk pemain wayang orang

katanya di Solo, Jawa Tengah. Rakhmat mengatakan, dalam usulan 694 formasi tersebut termasuk 85 formasi untuk pemain wayang orang Sriwedari. Namun, usulan itu tidak disetujui pemerintah pusat.

Usulan 85 formasi (pemain wayang orang) ini akan terus kami perjuangkan karena ada keahlian khusus yang tidak semua orang bisa melakukannya. Kondisi riil di Solo, pentas seni wayang orang (Sriwedari) tidak pernah tutup

katanya. Rakhmat mengatakan, pementasan wayang orang Sriwedari merupakan bagian dari upaya pelestarian seni budaya tradisional sehingga harus diperhatikan. Karena itu, Pemkot Solo akan kembali memperjuangkan agar para pemain wayang orang yang masih berstatus tenaga kontrak dengan TKPK.

Source Kompas kompas.id/baca/nusantara/2018/09/24/pemkot-solo-usul-tambahan-formasi-cpns-untuk-pemain-wayang-orang
Comments
Loading...