Jenis Wayang : Di Bekasi Punya Wayang Kulit Lho!

0 28

Kesenian wayang kulit ternyata tidak hanya dikenal di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta, tetapi daerah urban seperti Bekasi juga mengenal kesenian tersebut. Bagaimana sih, asal – usul wayang kulit di Bekasi? Berikut ulasannya.

Wayang kulit Bekasi masih satu kesejarahan dengan wayang kulit di lainnya di pulau jawa, hanya saja perbedaan terletak pada latar sosiologis dan pengaruh budaya lingkungannya. Alkisah ada seseorang yang bernama Balentet pada 1895 mengembara ke Cirebon untuk belajar ilmu pedalangan bersama pesohor kerajaan disana, ia mula-mula diajarkan dasar ilmu pedalangan selanjutnya mengenal Wayang Golek, Wayang Kulit Semar, Wayang Kulit Pandawa Lima hingga Wayang Cirebonan. Namun, balentet memilih Wayang Kulit Pandawa Lima sebagai bidang keilmuan dalangnya.

Setelah dirasa cukup berguru soal dasar ilmu pedalangan, sekitar tahun 1900 Balentet berniat memperdalam ilmu Wayang Kulit Pandawa Lima kepada guru wayang di Bekasi, yaitu : Mbah Raisun, Mbah Cepe dan Mbah Belentuk hingga tahun 1910. Delapan tahun kemudian, Balentet mulai mendalang dari kampung ke kampung seantero Bekasi. Ia mendedikasikan seumur hidupnya pada dunia wayang, sampai akhir hayatnya. Sebagai dalang kondang di Bekasi, menjelang akhir hayatnya Balentet mewariskan keterampilan mendalangnya kepada putra-putranya, diantaranya Naman Sanjaya Balentet, dan Namin Balentet.

Source kompasiana.com kompasiana.com/indrasukses/551f738b813311676e9de1d3/bekasi-punya-wayang-kulit-lho-anak-bekasi-kudu-baca
Comments
Loading...