Jenis Wayang : Eksisnya Wayang Orang Urbanisme

0 117

Semangat urbanisme yang dinamis senantiasa menjurus kepada arah modernisasi di hampir seluruh aspek kehidupan. Peninggalan-peninggalan masa lalu yang harusnya tetap lestari hingga kini, perlahan kian hilang pamor dan atensinya. Budaya-budaya luhur peninggalan nenek moyang seyogyanya merupakan bentuk refleksi atas jati diri kita sebagai bangsa yang berbudaya. Di tengah jalan yang cukup pesimis ini, menarik disimak adalah sebuah fenomena bertahannya salah satu bentuk kebudayaan daerah, tepatnya kebudayaan Jawa, berupa seni pertunjukan wayang orang yang mampu mencuri atensi warga ibukota, khususnya mereka-mereka yang rindu akan eksistensi kebudayaan daerah.

Wayang orang Bharata hadir dengan bentuk kekiniannya dengan tujuan agar dapat diterima dan terus eksis di tengah gempuran modernisasi. Menilik dari bergeliatnya kembali seni pertunjukan budaya Jawa ini, relevansi apakah yang ada di balik kebangkitannya? Apakah ini benar-benar bentuk eksistensi atau restorasi seiring perkembangan zaman Tulisan ini akan mencoba membahas mengenai fenomena kebangkitan salah satu budaya daerah di tengah masyarakat urban yang dinamis yang akan difokuskan pada seni pertunjukan wayang orang. Membahas mengenai sejarah, perkembangan dan tantangan yang dihadapi sekarang dan di masa depan serta apresiasi publik terhadap hal ini.

Source Kompas kompasiana.com/happy.hafu.kompasiana.com/5500d1e1a333115372512331/eksistensi-wayang-orang-di-tengah-urbanisme#
Comments
Loading...