Jenis Wayang : Fenomena Ulin Nuha Seni Wayang

0 54

Goro-goro

menjadi di dialog awal saya mulai berkerumun dengan penonton yang sebelumnya sudah bergabung terlebih dahulu. Malam tadi dengan cuaca sedikit dingin di pesisir Pantai Selatan paska lebaran, mungkin musim kemarau telah tiba karena biasanya cuaca agak sedikit lebih dingin dari biasanya. Ini pagelaran Wayang yang berdeda, setidaknya baru saya rasakan dan lihat seumur hidup saya. Memang jika di dengar maupun dilihat narasinya seperti pagelaran Wayang pada umumnya.

Tetapi mengapa saya ungkap berbeda tentu sangat berdasar. Ini merupakan kali pertama menonton pagelaran Wayang begitu ramainya, baik penonton maupun para pedagangnya. Mobil-mobil berjejer hingga ratusan meter dari arena pagelaran wayang itu. Di lihat orang-orang yang menontonnya pun bukan hanya orang-orang dari Desa saya. Banyak orang luar desa yang datang menonton dengan berbagai motif ketertarikannya masing-masing.

Source Kompas kompasiana.com/komitel/5cfc92ba3d68d50547356e73/fenomena-ulin-nuha-kesenian-wayang-yang-tak-lekang-oleh-zaman
Comments
Loading...