Jenis Wayang : Gambyong Wayang Mustika Yuastina

0 84

Tari Gambyong yang dipentaskan oleh komunitas Wayang Orang Mustika Yuastina berbeda dengan yang dipentaskan oleh komunitas Wayang Orang THR dan Tribuana. Komunitas Wayang Orang Mustika Yuastina menampilkan Tari Gambyong yang ditarikan oleh penari laki-laki dan perempuan. Tari Gambyong laki-laki dan perempuan ini sudah diperkenalkan pada tahun 2012 oleh Mas Totok seorang penata tari wayang orang di komunitas Wayang Orang THR.

Namun komunitas Wayang Orang THR tidak begitu tertarik dan tidak pernah menampilkan Tari Gambyong ini. Akhirnya oleh Graha Seni Mustika Yuastina, Tari Gambyong tersebut digarap dan diberi nama Tari Gambyong Gembyeng (lihat Gambar 10). Konsep seperti ini mempunyai tujuan agar ada pembaharuan dalam Tari Gambyong bahwa saat ini Tari Gambyong bisa ditarikan berpasangan yaitu oleh laki-laki dan perempuan serta agar penonton tidak jenuh dengan kemasan Tari Gambyong yang lama.

Graha Seni Mustika Yuastina menggunakan struktur penyajian yang terkesan lebih sederhana dibandingkan dengan komunitas Wayang Orang THR. Sebagian dari bagian adegan pertunjukan dihilangkan karena dinilai tidak begitu diperlukan yaitu seperti pada bagian jejer pertama jarang sekali digunakan. WO Mustika Yuastina menyajikan garapan baru yang sederhana dan mudah dipahami saat penonton melihat pertunjukan. Pada saat ini wayang orang merupakan pertunjukan tradisional yang dikemas sebagai hiburan mengingat masyarakat sekarang selalu mencari hiburan yang serba instan.

Source jurnalmahasiswa.unesa.ac.id jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/apron/article/view/11981/11181
Comments
Loading...