Jenis Wayang : Gerak Tari di Pertunjukan Wayang

0 64

Gerak tari pada pertunjukan wayang orang di Surabaya ini memiliki kedudukan yang sangat kuat dan mendominasi jalannya pertunjukan dalam penyajian cerita wayang orang. Segala kebutuhan untuk mengungkapkan adegan atau akting dibawakan dalam bentuk gerak tari. Berdasarkan pengamatan dari kesuluruhan penyajian pertunjukan Wayang Orang THR,  Mustika Yuastina, dan Tribuana di Surabaya, unsur-unsur gerak tari dalam pertunjukan wayang orang tersebut pada dasarnya dapat dipisahkan atas dua jenis gerak, yaitu jenis gerak yang dilihat atas dasar bentuk gerak yang digunakan serta jenis gerak yang ditinjau atas pola penataannya. Wayang Orang THR, Mustika Yuastina, dan Tribuana merupakan kelompok wayang orang yang menganut gaya Surakarta.

Atas dasar bentuk gerak yang digunakan ada 3 macam gerak, yaitu:

  1. Gerak dasar bentuk tari Surakarta, gerak yang berorientasi pada bentuk-bentuk gerak tari Surakarta
  2. Dasar bentuk tari daerah Surakarta, dasar gerak yang diambil dari gerak-gerak kedaerahan Surakarta
  3. Gerak bebas, merupakan gerak yang tidak terikat dari kedua bentuk lainnya atau gerak yang dilakukan secara bebas oleh penari di atas panggung.

Penggolongan karakter gerak tari wayang orang Wayang Orang THR, Mustika Yuastina, dan Tribuana disesuaikan dengan wayang orang gaya Surakarta mengingat gaya yang digunakan oleh wayang orang Surabaya adalah gaya wayang orang Surakarta. Selain harus menguasai teknik gerak tari sampai matang, seorang penari.

Source jurnalmahasiswa.unesa.ac.id jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/apron/article/view/11981/11181
Comments
Loading...